Resep dan Cara Membuat Sambal Cabe Ijo


Bagi sebagian besar warga Indonesia, makan tanpa menambahkan sambal itu rasanya ada yang kurang ya, khususnya bagi pecinta pedas. Sambal menjadi bagian yang penting yang tidak bisa dilewatkan, karena sambal merupakan salah satu menu makan penggugah selera. Dan juga merupakan salah satu menu utama sehari-hari.
Bayangkan apabila kita makan bakso atau bahkan mie ayam tanpa sambal. Pastinya berasa kurang banget ya? Semakin modernnya dunia kuliner, kini kita bisa dengan mudah mendapatkan sambal secara instan, karena kini sudah banyak sekali sambal dijual dalam bentuk kemasan, kita bisa dengan mudah untuk mendapatkannya hanya tinggal datang dan beli di supermarket, minimarket dengan rasa yang menyerupai sambal buatan sendiri. Namun tetap saja, akan lebih nikmat apabila kita membuat sambal langsung melalui tangan sendiri, dibanding dengan sambal yang telah dikemas. 

Resep dan Cara Membuat Sambal Cabe Ijo
Resep dan Cara Membuat Sambal Ijo Khas Rumah Makan Padang
Dengan berbagai macam jenis sambal yang ada, kali ini masakan endolita akan berbagi resep sambal cabe ijo khas rumah makan padang. Untuk pengolahan dan bahan yang dibutuhkan sangat mudah untuk ditemui. Sambal cabe ijo khas rumah makan padang ini sangat populer dan memiliki banyak penggemar. 

Berikut Merupakan Resep Dan Cara Membuat Sambal Cabe Ijo Khas Rumah Makan Padang Yang Pedas Nikmat

Bahan - Bahan Sambal Cabe Ijo

  • 15 buah cabai hijau besar
  • 5 buah cabai rawit
  • 5 buah cabai hijau keriting
  • 8 butir bawang merah
  • 4 buah tomat hijau
  • 1 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk, sisihkan tulangnya
  • 1 sendok teh garam laut
  • 100 ml minyak goreng
  • 1 1/4 sendok teh gula pasir

Cara Membuat Sambal Cabe Ijo

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengukus cabai hijau besar, cabai rawit, cabai hijau keriting, dua buah tomat hijau dan bawang merah. Kukus sampai tampilannya layu (tanda sudah matang), angkat lalu simpan ke dalam cobek.
  2. Kemudian ulek kasar bahan - bahan tersebut, jangan sampai halus agar teksturnya masih terasa.
  3. Lalu panaskan wajan dan tuangkan minyak goreng secukupnya, masukkan bahan - bahan yang telah diulek kasar, tambahkan sisa tomat hijau, daun jeruk dan daun salam, tumis sambal sampai tercium aroma wangi.
  4. Sementara itu, tambahkan gula pasir dan juga garam kedalam tumisan sambal, lalu aduk sampai matang.
  5. Angkat dan sambal cabe ijo khas rumah makan padang telah siap disantap.
Nah, gimana sahabat endolita? Mudah dan sangat praktiskan cara pembuatan sambal ijo yang sering sahabat nikmati di rumah makan padang?
Semoga bermanfaat ya, dan jangan lupa tinggalkan komentar sahabat endolita dibawah ini, agar web ini semakin berkembang dan lebih semangat untuk berbagi resep-resep makanan dan masakan yang nikmat.

0 Response to "Resep dan Cara Membuat Sambal Cabe Ijo"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel