Resep Camilan | Cara Membuat Cilok

Cilok merupakan salah satu jenis camilan yang menjadi favorit banyak kalangan. Teksturnya yang kenyal, rasanya yang gurih sehingga menggugah selera. Cilok juga merupakan makanan khas Jawa Barat dengan berbahan dasar tepung tapioka atau dalam bahasa sunda disebut aci.

Selain menjadi camilan favorit cilok juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Karena memiliki potensi yang bagus, baik itu dari segi demografi, bahan baku yang ekonomis dan mudah untuk didapatkan.

Namun bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara membuatnya dan bahan apa saja yang dibutuhkan tidak perlu merasa khawatir ya, karena masakan endolita akan sharing resep dan caranya. Praktis dan mudah untuk dipraktikkan.

Resep dan Cara Membuat Cilok Kenyal
Resep dan Cara Membuat Cilok Kenyal

Resep dan Cara Membuat Cilok Kenyal, Empuk walaupun sudah dingin

Bahan - Bahan Cilok

  • 500 gr tepung tapioka
  • 250 gr tepung terigu
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • Air secukupnya
  • 1/2 sdm garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt lada bubuk

Cara Membuat Cilok Nikmat

  1. Langkah pertama, masak air (untuk merebus cilok) sampai mendidih, sisihkan
  2. Sambil menunggu air mendidih, siapkan mangkuk berukuran besar, masukkan tepung terigu, tepung tapioka, bawang putih yang telah dihaluskan, irisan daun bawang, dan bumbu seperti garam, kaldu bubuk, lada bubuk, aduk semua bahan sampai tercampur rata.
  3. Kemudian tambahkan air panas campurkan sedikit demi sedikit. Aduk sampai adonan kalis.
  4. Lalu bentuk bulat adonan cilok, sampai adonan habis terbentuk.
  5. Apabila air sudah mendidih masukkan adonan yang telah dibentuk, kemudian rebus sampai cilok mengapung. Angkat dan tiriskan.
  6. Cilok siap untuk dinikmati

Sahabat endolita demikian resep dan cara membuat cilok kenyal dan tetap empuk meski sudah dingin. Cilok ini juga bisa diberikan sentuhan berupa kuah, anda juga bisa menambahkan daging ayam, telur, keju atau bahan lain sebagai isiannya.  Dari cara penyajian yang cukup beragam ini, tetap saja cara pembuatannya tidak jauh beda dari cara membuat cilok kuah sampai dengan cilok isi dengan rasa yang nikmat.

Cilok juga bisa dibuat dengan variasi tambahan bumbu kacang, atau bisa juga dinikmati dengan cocolan saus sambal, saus tomat. Wah banyak sekali bumbu yang bisa dinikmati untuk pelengkap cilok.

Cilok ini juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha anda di rumah, karena bahan yang diperlukan tidak terlalu banyak sehingga modal yang dikeluarkan pun cukup minim, bahan untuk membuat cilok sangat mudah ditemui.

 

0 Response to "Resep Camilan | Cara Membuat Cilok "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel