Resep dan Cara Membuat Kue Putri Salju

Salah satu kue kering yang cukup banyak diminati orang adalah kue putri salju.
Begitu digigit rasa dingin dari gula halus, dengan tekstur yang renyah garing menjadikan kue ini selalu dirindukan banyak orang. Kue kering putri salju ini memiliki ciri khas yang sangat identik yang terletak pada taburan gula tepung putih atau gula halusnya yang menyelimuti permukaan kue.
Apakah anda salah satu penikmat kue kering putri salju? Ada baiknya anda mencoba resep yang satu ini. Mau tahu bagaimana resep dan cara membuatnya? Mari kita simak step by step berikut!

Resep dan Cara Membuat Kue Putri Salju
Resep dan Cara Membuat Kue Putri Salju Masakan Endolita

Resep dan Cara Membuat Kue Putri Salju yang Lembut dan Empuk

Bahan - Bahan

  • 250 gram mentega / margarin / butter
  • 20 gram gula halus
  • 400 gram tepung terigu
  • 1 butir kuning telur
  • Gula halus secukupnya untuk taburan

Cara Membuat

  1. Langkah pertama, campur butter / margarin / mentega dan gula halus, kocok kurang lebih 7 - 10 menit sampai halus, sampai adonan berwarna putih creamy.
  2. Apabila sudah, tambahkan kuning telur. Kocok kembali.
  3. Lalu masukkan tepung terigu, aduk sampai rata dan kalis (tanda kalis, adonan tidak menempel baik dimangkuk atau spatula yang digunakan untuk mengaduk adonan)
  4. Setelah adonan dirasa kalis, bentuk bulat adonan kemudian pipihkan.
  5. Jika sudah, anda bisa mulai bentuk atau cetak sesuai dengan selera anda. Bentuk sampai adonan habis. Sisihkan
  6. Apabila adonan selesai dibentuk, anda bisa menyimpannya diatas loyang yang sudah diolesi mentega.
  7. Sambil menunggu adonan selesai dibentuk panaskan oven terlebih dahulu dengan menggunakan api sedang, namun apabila anda menggunakan teplon panaskan menggunakan api kecil.
  8. Masukkan dan panggang sampai kue berwarna kecoklatan dan garing. Angkat dan simpan kedalam wadah atau toples yang telah disiapkan.
  9. Setelah itu taburi kue dengan gula tepung putih atau gula halus. Sajikan.

Note:

  1. Jika menggunakan oven biasa atau teplon kecil panggang sekitar 27 menit dengan api kecil, atau sampai kue berwarna kecoklatan bagian bawahnya, (suhu kompor beda-beda)
  2. Jika anda menggunakan oven tangkring, panggang dengan api sedang sekitar 20 menit
  3. Jika anda menggunakan oven listrik, panggang dengan suhu 180* celcius sekitar 17 menit (anda bisa menyesuaikan dengan oven masing-masing)

Tips :

Taburkan gula halus atau gula tepung putih pada saat kue sudah tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Agar gula tidak lumer dan bisa menyatu dengan baik dengan kue putri salju.
Tidak hanya menggunakan oven dan mixer, anda juga bisa membuat kue putri salju dengan alat seadanya, bisa menggunakan teplon kecil, oven tangkring, wisk untuk mengaduk adonan dan alat untuk mencetaknya anda juga bisa menggunakan bekas tutup botol minuman ya.
Ternyata bisa dibuat dengan sederhana namun rasanya luar biasa.
Begitulah cara dan resep membuat kue kering putri salju, sederhana namun hasil luarbiasa. Bisa langsung anda praktekkan di rumah tercinta.

0 Response to "Resep dan Cara Membuat Kue Putri Salju"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel